Jenis-jenis Features

Personality profiles:

Feature tentang personality profile ini ditulis untuk membuat audiens lebih dekat pada orang di dalam berita. Wawancara dan observatsi, serta creative writing, digunakan untuk memberikan gambaran sehidup-hidupnya tentang seseorang.

Human interest:

Ini jenis feature yang paling banyak ditulis. Feature yang human interest ini ditulis untuk menunjukkan 'keanehan' subyek atau nilai praktisnya, emosionalnya, atau entertainment-nya. 'Aneh' dalam hal ini adalah sesuatu yang beda atau tidak lazim sehingga menarik perhatian orang banyak.

Trend:

Feature tentang trend ini untuk menguji orang, hal, atau organisasi yang punya dampak terhadap masyarakat. Kisah-kisan trend ini menarik karena orang cenderung suka membaca atau mendengar tentang sesuatu yang prediktif.

Backgrounders:

Feature backgrounder ini bertujuan menambahkan makna terhadap isu-isu saat ini dengan menjelaskannya lebih jauh mendalam. Seperti namanya, feature ini menembus batas sekadar berita. Informasinya berisi sesuatu yang menjelaskan terjadinya persitiwa.

How-to features;

Feature ini membantu orang mempelajari suatu issue dengan cara menjelaskan mereka bagaimana melakukan sesuatu. Misalnya; bagaimana menghindari flu babi, bagaimana memulai program daur ulang, bagaimana memasak untuk 100 anak yatim, dan lain-lain. Pastikan mewawancarai sejumlah "experts" dan memasukkan kutipan-kutipan menarik.

Feature sejarah:

Ini biasa digunakan untuk mengenang tanggal-tanggal penting dalam perkembangan masyarakat. Digunakan untuk membandingkan keadaan 'dulu' versus 'kini'. Pembaca bisa diingatkan kembali tentang beberapa tanggal atau peristiwa yang signifikan, lalu mengunjungi kembali peristiwa atau isu itu serta yang mengelilinginya.

Tema-tema musiman:

Musim selalu memberi banyak ide untukv feature. Isu banjir, misalnya, selalu terjadi dan membawa berbagai kisah. Bukan cuma musim yang terkait cuaca atau iklim, tema-tema serupa bisa terjadi dalam bidang siklus bisnis, siklus mode, titik-titik tertentu kehidupan lembaga atau kemasyarakatan, serta isu-isu yang terkait dengan tema-tema spesifik dari suatu tahun.

Behind The Scenes:

Penulis feature ini bisa mendapatkan kesempatan luar biasa untuk masuk ke dalam situasi tertentu sehingga bisa memberi pembaca perasaan bisa masuk ke dalam 'inner circle' dari suatu peristiwa. Pembaca akan merasa mendapatkan sesuatu yang sebelumnya hanya menjadi rahasia orang-orang dalam.

Dan, banyak lagi

Comments